BISMILIKSEMUA - Sudah lama lagi pameran Bus World 2019 south east Asia Sudah berakhir. Sudah mulai bermunculan bus-bus yang akan dipamerkan di pameran tersebut. Mari kita lihat sama²
Bus medium ini menggunakan chassis Mercedes-Benz NEW OF917. Ada bagian yang cukup unik dari bus ini, nampak bagian depan bus terdapat "alis" diatas lampu utama. Sepertinya sih ini merupakan lampu sign ya soalnya berwarna orange mikanya. Nah yang tambah unik lagi adalah dibagian belakang bus, menggunakan lampu setra asli. Sudah seperti Setra Top Class 500 ya, tapi dengan cita rasa lokal. Wahhh makin beragam ya model bus di Indonesia. Oiya satu lagi bus ini dibuat oleh karoseri Morodadi Prima loh. Seperti yang kita ketahui karoseri MP tidak ikut Bus World 2019. Namun sepertinya bus ini akan tampil sekaligus numpang di stand nya Mercedes. Soal mesin, Mercedes-Benz OF 917 dibekali dengan mesin 4D34i, Euro 3 Turbo Charger dan Intercooler, 3.900 cc diesel, 4 segaris, engine management.
Untuk unit ini sekarang sudah sold out ke PO lentera Fortuna.
Untuk unit ini sekarang sudah sold out ke PO lentera Fortuna.
2. CITYLINE GEN 3 - VOLVO B8RLE
Mungkin misteri angka "3" pada postingan karoseri laksana bus sebelumnya sudah mulai terjawab.
Hingga detik ini sepertinya sudah terjawab juga ya misteri angka "3" yang di posting IG laksanabus. Awalnya momon kira bus hijau berchassis Volvo BRLE dengan desain futuristik itu yang merupakan Cityline 3 terbaru. Tapi sepertinya misteri angka "3" benar-benar akan terjawab pada pameran waktu itu.
Hingga detik ini sepertinya sudah terjawab juga ya misteri angka "3" yang di posting IG laksanabus. Awalnya momon kira bus hijau berchassis Volvo BRLE dengan desain futuristik itu yang merupakan Cityline 3 terbaru. Tapi sepertinya misteri angka "3" benar-benar akan terjawab pada pameran waktu itu.
Yaaa kayaknya yang dimaksud yaitu Cityline 3. Nampak dari samping depan bus ada logo Laksananya. Sebuah desain bus kota yang menurut mimin desain terbaik dari sekian banyak desain bus kota di Indonesia. Futuristik sudah seperti bus-bus kota di Eropa sana. Terdapat jenong didepan dan dibelakang. Untuk model lampu depan pun sepertinya beda dengan sebelumnya, sedangkan untuk bagian belakang belum ada info lagi. Bisa ditunggu besok karena Bus World akan dibuka. Bus ini menggunakan chassis Volvo B8RLE yang memang didesain untuk bus low entry seperti ini. Untuk spesifikasinya kurang tahu, tapi menurut wikipedia mesinnya menggunakan D8C250 - 186 kW (250 bhp), 950 Nm, Euro III. Karrna standar di Indonesia kan masih euro 3, jadi mimin mengambil acuan dari situ. Wahhh keren ya, ini bener-bener cakep modelnya.
Sejenak kita lewatkan terkait hal itu, sekarang momon mau bahas terkait bus terbaru buatan karoseri New Armada ini.
4. SKYLANDER / SR2 XHD ECE R66 - SCANIA K410IB
Sudah sejak malam tahun baru 2019 karoseri newarmada.official memberikan bocoran tentang model bus terbarunya yang nantinya akan ditampilkan pada pameran Bus World 2019. Saat itu hanya berupa tampilan headlamp depan bus dengan tulisan Skylander. Semakin mendekati hari pameran, bocoran pun semakin besar hingga terakhir bocoran berupa tampilan full samping bus.
Dan hari itupun datang, hari dimana perilisan bus model terbaru ini. Wow sungguh beda banget lah, model lampu depan atau belakang yang belum pernah ada karoseri yang menggunakannya, benar-benar model baru. Bagian belakang dengan kap mesin / ac yang kotak dengan grill keren namun futuristik. Lalu pada bagian depan dengan lampu utama dan foglamp yang menyatu kebawah, dan yang paling penting adalah tanpa topi sodara, ini menandakan bus non-topi pun bisa keren. Dan pada bagian samping dengan pilar boomerang yang cukup besar, kirain momon akan jadi model setra lagi ternyata bukan. Kenapa mimin bilang anti mainstream, ya karena semua modelnya itu beda dari yang lain. Dan yang paling seneng itu tanpa topinya.hehehe. Selain skyline yang menggunakan mesin yang sama yaitu SR2 EGE R66 yang dimiliki karoseri laksana.
Kini Armada untuk skyline untuk PO primadona dan armada SR2 XHD ECE R66 buat official united tractors.
Pada Busworld South East Asia 2019, Transjakarta akan menampilkan bus masa depan, yaitu bus listrik.
Bus ini mungkin terlihat biasa atau sama saja jika dilihat dari penampakannya, namun yang berbeda adalah tidak ada asap emisinya, tidak menggunakan solar ataupun gas, dan bus ini dapat beroperasi dengan pengisian daya listrik. Bus yang sudah diisi daya listrik penuh dapat beroperasi dalam 200 km.
Bus ini memiliki jarak tempuh hingga 250 kilometer dengan kecepatan maksimal hingga 70 kilometer per jam. Untuk motor listriknya menggunakan motor listrik AC Synchronous yang memiliki tenaga 300 kW dengan torsi 1.000 Nm dan 180 kW dengan torsi 800 Nm.
Bus yang didatangkan oleh Bakrie Autopart ini membutuhkan waktu tiga sampai empat jam untuk mengisi dari keadaan kosong hingga penuh.Bus ini sudah digunakan sebagai transportasi delegasi di acara IMF-World Bank di Bali, Oktober 2018 lalu.
Untuk bus MAB adalah seri MD12-E. Bus ini berjenis low deck untuk kemudahan akses dengan kapasitas penumpang 60 orang. Bus ini juga mampu menempuh jarak 250 kilometer. Tenaga yang dihasilkan motornya mencapi 200 kW dengan torsi 2.400 Nm. Namun armada ini dimiliki Transjakarta saja.
Tentunya dengan bus ini akan menjadikan udara Jakarta menjadi lebih sehat. Sahabat BMS, ingin bus listrik segera hadir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jakarta?
PT Indotruck Utama (ITU), selaku distributor tunggal Volvo di Tanah Air secara resmi memperkenalkan sasis bus terbarunya yakni Volvo B11R untuk pasar Indonesia.
Sasis terbaru dari pabrikan asal Swedia ini menggendong mesin 11.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 430 dk dan torsi 2.000 nm. Dengan sisi tenaga ini bisa dibilang paling besar di Indonesia, begitupun dengan transmisi 12 percepatannya. Di mana merek lain baru menawarkan 8 percepatan
Dengan tenaga sebesar itu, Volvo mengklaim sasis yang diperuntukkan untuk transportasi jarak jauh dan antar kota ini paling sangar di kelasnya saat ini.
Selain itu, mesin ini juga siap untuk menggunakan bahan bakar dengan jenis bio solar B30.
Seperti disk brake atau rem cakram di setiap ban, Electronic Braking System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR), serta Electronic Stability Programme (ESP).
Lantas, berapa harga yang ditawarkan Volvo untuk sasis dengan mesin sangarnya tersebut di Tanah Air? Jangan salah Untuk harganya Rp 1,750 miliar, itu untuk chasinya saja ya, belum termasuk karoserinya. Namun harga itu sudah termasuk PPN 10 persen, temasuk ongkos kirim ke karoseri, dan Franco karoseri di Jawa.
Pihak PT Indotruck Utama (ITU) menjamin untuk ketersediaan sparepart dan layanan aftersalesnya yang kini sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia.
Body - body yang dipajang di busworld kala itu antara lain SR2 dd yang sold out PO borlindo dan Jetbus 3+ UHD yang sold out PO Sempati star.
Coasterina, oleh New Armada adalah konsep mobilitas revolusioner yang menggunakan sasis mesin Hino 110 SDBL di bagian depan, dengan gandar belakang roda tunggal. siapa bilang minibus tidak bisa semewah yang didapatnya dan PO manakah yang membeli armada tersebut ?
Jangan lupa untuk LIKE & FOLLOW ya Sobat BMS, SHARE juga informasi ini untuk dapat memberikan manfaat dan juga hiburan kepada banyak orang 😁 dan selalu mengikuti BMS karena sumber teraktual hanya disini.
Jangan lupa untuk LIKE & FOLLOW ya Sobat BMS, SHARE juga informasi ini untuk dapat memberikan manfaat dan juga hiburan kepada banyak orang 😁 dan selalu mengikuti BMS karena sumber teraktual hanya disini.
0 komentar:
Posting Komentar